Not seeing a Scroll to Top Button? Go to our FAQ page for more info. Perkembangan IT | -

My Imaginations

-
Follow Me

Perkembangan IT



By  Galeh Fatma Eko Ardiansa     November 18, 2013     
Perkembangan IT lima tahun kedepan
                Dalam dunia Information Technologi (IT) atau yang sering  disebut sebagai teknologi informasi dari masa ke masa terus mengalami kemajuan yang sangat luar biasa bahkan dapat dikatakan sangat-sangat fantastis. Mulai dari perkembangan processor yang semakin lama ukurannya tidak semakin besar namun malah semakin kecil dan sampai saat ini sudah ada yang dapat menciptakan processor yang ukurannya hanya sebesar ujung pensil, tidak itu juga, bahkan memori yang dulunya beratnya bisa mencapai sekian kilogram dan mempunyai kapasitas hanya kilobyte, tapi seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, memori bisa dibuat hanya dengan ukuran yang sangat dan sangat mini atau micro, beratnya hanya sekian gram tapi mempunyai kapasitas yang sangat luar biasa besarnya dibandingkan dengan awal terciptanya memori, bahkan sampai terabyte atau 1000 gigabyte.
             Tantangan dan peluang teknologi informasi dalam dunia pendidikan saat ini sangat besar, dulu, beberapa dari kita mulai mengenal komputer saat kita belajar di SMP bahkan sebagian malah mulai mengenal yang namanya komputer pada saat di SMA. Dibandingkan dengan sekarang sangat dan sangat jauh ketinggalan, sekarang dari sekolah taman kanak-kanak saja sudah mulai dikenalkan komputer, dari sekolah dasar sudah mengenal internet, tablet pc, smartphone dan teknologi yang lain, sebagai mahasiswa harus mampu bersaing dengan orang orang yang sudah lebih dulu menciptakan produk tekhnologinya, kita harus dapat mencari peluang - peluang yang ada, prediksi lima tahun kedepan banyak sekali inovasi – inovasi dan ide yang dapat diciptakan, untuk itu mahasiswa harus dapat dan harus mampu dan paling tidak ikut serta dalam pengembangan teknologi yang semakin lama semakin berkembang dengan pesat. Teknologi informasi dalam dunia pendidikan di Indonesia sudah cukup maju, tapi ada beberapa daerah yang belum dapat merasakan dampak positif dari teknologi informasi, akses internet dikota – kota maju saat ini perkembangannya sudah sangat baik dibanding jaman dahulu, internet hanya dapat ditemukan dikawasan tertentu saja, sekarang, dimanapun tempatnya akses internet sudah dapat dinikmati oleh masyarakat, namun wilayah – wilayah terpencil, seperti pelosok pedalaman, teknologi sangat – sangat kurang, akses listrik juga memprihatinkan, dari situlah kita sebagai mahasiswa system computer harus bisa menjadikan peluang tersebut untuk menyalurkan kemampuan yang dapat kita kontribusikan pada masyarakat yang berada di daerah terpencil.
            Sekolah – sekolah yang ada di Indonesia kini sudah banyak yang menggunakan pembelajaran yang berbasis teknologi, seperti pengenalan internet, pembelajaran menggunakan multimedia dan sekarang juga banyak yang menggunakan LCD untuk megajar, dan itu menjadikan pelajar akan lebih mudah dimengerti dan suasana akan jauh lebih menyenangkan dan tidak membosankan, sekarang dinegara maju seperti dieropa sudah menggunakan teknologi informasi dalam metode pembelajarannya dikelas, mereka sudah mengenalkan teknologi sejak dini, banyak sekolah - sekolah yang menggunakan teknologi yang sangat canggih, sebagian sekolahan tidak menggunakan buku dan papan tulis sebagai media pembelajarannya, mereka sudah menggunakan pc dan layar proyektor, setiap anak sudah harus dapat mengoperasikan komputer pc dan itu sudah dikenalkan pada saat mereka baru mulai masuk sekolah dasar. Buku – buku kini tidak lagi menggunakan yang cetakan tapi menggunakan E-book yang mempunyai tampilan yang sangat menarik dan mudah dipahami, selain itu biaya yang dikeluarkan tidak lagi mahal, hanya cukup menggunakan koneksi internet kita dapat mendapatkan ratusan bahkan ribuan e-book yang dapat didownload secara gratis sebagai sumber referensi kita, namun sedikit ada juga yang bayar, tapi tidak begitu mahal, hemat waktu dan hemat biaya. Banyak sumber – sumber dari elektronik yang dapat siswa dapatkan melalui interner, dan guru tidak lagi menjadi satu – satunya sumber ilmu pengetahuan, pembelajaran tidak harus melalui tatap muka secara langsung, dan itu juga akan mempermudah guru untuk mengajar ketika ada suatu halangan, dan untuk para siswa juga tidak akan bosan dalam belajar dikelas, mereka juga dapat berinteraksi dengan guru pengajar mereka meskipun dalam jarak yang sangat jauh dengan bantuan koneksi internet. Disamping itu para siswa akan dapat melihat perkembangan dan peristiwa – peristiwa yang terbaru yang terjadi dibelahan bumi manapun melalui, dan itu juga dengan kecepatan yang luar biasa. Mereka juga akan dapat berinteraksi dengan teman – temannya yang berada jauh dengan mereka.
               Tantangan untuk lima tahun kedepan adalah semakin banyaknya micro computer yang sudah mulai dikembangkan untuk menunjang permasalahan yang dihadapi manusia saat ini, semuanya harus serba cepat, serba praktis dan efisien, dan serba instan. Untuk itu manusia harus menciptakan suatu teknologi yang dapat menjawab permasalahan itu semua. Menurut prediksi yang ada di internet, micro computer sudah dapat memproses setara otak manusia, dan itu sangat luar biasa, dan kecepatan internet juga akan meningkat drastic, tidak hanya Mbps, tapi Gbps, kecepatan yang sangat – sangat cepat, perkembangan software juga akan ikut meningkat juga. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia jangan hanya mengikuti perkembangan teknologi yang dilakukan oleh negara – negara maju saja, kita juga harus mampu menciptakan inovasi – inovasi dan ide yang dapat kita kembangkan dan mampu bersaing dengan produk tekhnologi dari negara maju yang lain. Sebetulnya banyak orang Indonesia yang dapat menciptakan teknologi yang canggih, tapi mereka kurang mendapatkan apresiasi dari pemerintah Indonesia, banyak dari mereka yang malah bekerja di perusahaan yang ada diluar negeri. Mereka disana mendapatkan apresiasi yang cukup membanggakan, mereka lebih betah bekerja disana dibanding bekerja dan berkontribusi untuk mengembangkan teknologi informasi di Indonesia, seharusnya pemerintah kita menghargai inovasi – inovasi yang telah diciptakan oleh putra dan putri Indonesia, untuk itu kita harus bisa berusaha bersaing dengan negara – negara maju.

About Galeh Fatma Eko Ardiansa

If you can dream it, you can do it | Genius is one percent inspiration and ninety-nine percent perspiration | If you don’t make mistakes, you’re not working on hard enough problems | The best and most beautiful things in the world cannot be seen or even touched - they must be felt with the heart | I can't change the direction of the wind, but I can adjust my sails to always reach my destination.

1 komentar:

  1. Merkur 34C - 3-Piece and Grade 23 Titanium
    The Merkur 34C is a high-performance 2-Piece double-action safety razor with an elegant chrome finish. ford transit connect titanium It has an adjustable head with titanium mens wedding band a 50-piece  Rating: 4 · ‎1 review · ‎£19.00 titanium road bike · titanium rod in femur complications ‎In does titanium set off metal detectors stock

    BalasHapus


Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Advertisement

Disqus Shortname